CARA MEMBUAT ALKOHOL

Kali ini Pakde Hari mau mengajak teman-teman di forum sains ini untuk mencoba membuat alkohol sendiri dirumah dengan peralatan yg mudah di beli dan relatif murah dengan bahan baku gula pasir.

Kita mulai membuat dengan kadar yg paling rendah.. dengan prosentase kadarnya 40 %, jika hasil tadi kita distilasi lagi kadar alkohol bisa menjadi 70%.

Bagi yang sudah bisa membuat mohon maaf, biarkan pakde Hari menjelaskan secara awam dan tanpa istilah2 mumet yg penting bisa nyala dulu kalo di bakar berapa pun prosentasenya alkohol itu.

Tentunya banyak rekan-rekan sains yg sudah mengetahui cara membuat alkohol , tapi biasanya untuk skala industri, dengan peralatan yang besar..

Istilah2 yg kurang awam bagi yg belum tahu sama sekali.atau. pernah dengar, pernah tahu , pernah ujian cara membuat... tetapi belum pernah praktek secara sederhana.

Sebenarnya ada cara yg lebih simpel sekali dengan sebuah toples plastik ukuran 5 liter bisa juga tetapi hasilnya kurang memuaskan, dan banyak uap alkohol yg hilang.

Hasil alkohol ini tidak Pakde rekomendasikan untuk diminum atau untuk campuran minum, dll. karena selain ilegal, maksud pakde ini hanya untuk campuran BBM saja , dan tidak semurni Ethanol 99,9% sambil kita belajar untuk menuju ke membuat Alternatif BBM seperti Bensin ( hydro carbon ) dengan bahan dari air ke hidrogen dan carbon , sisa olie atau carbon cair walau harganya bisa lebih mahal tetapi paling tidak kita sudah bisa praktek secara sederhana dan bisa berhasil, maka kita latihan dulu dengan membuat sendiri alkohol dengan mudah dan sederhana.

Sebelum membuat Alkohol kita harus mempersiapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan, karena masih latihan kita menggunakan bahan gula pasir yg gampang dan ada di dapur, tapi jangan ketahuan ibu / bojo cuma 200 gram kok kemudian siapkan air putih jangan air mineral , sebaiknya air sumur atau air distilasi ini mahal atau air RO, siapkan botol cola 1,5 liter bersihkan, siapkan pada tutup botol , pipa bekas antena radio atau apalah, sedotan plastik yg agak tebal , pasang pada tutup botol kemudian di lem dengan lem bakar , plastik atau plastik steel , dan pasang balon anak2 yg sudah di lobangi dengan jarum pentul 2 lubang...pokoknya kalo di tiup balon bocor pelan2.

Siapkan gula pasir 15% ( +/- 200 gram gula pasir ) air 1200 cc 1,2 liter , aduk sampai campur masukkan air gula ke botol cola 1,5 literan , kemudian masukkan 1/2 - 1 sendok teh ( bukan sendok makan ) ragi roti ( yeast ), cari merek Fermipan ( bukan promosi ) mudah didapat dan murah ,dan hasil memuaskan.... ada di toko bahan roti , atau warung kelontong tujuan pemasangan balon supaya proses peragian gula ke alkohol tidak tercampur dengan oksigen dari luar botol.  

Nanti pada peragian di dalam botol terjadi gas CO2 yg akan berusaha keluar botol, maka ditahan oleh balon, yg maksudnya CO2 boleh keluar tapi oksigen dilarang masuk , karena menggangu proses terjadinya alkohol beres..., ayo lihat gambar dulu:

Adonan dibiarkan sampai peragian selesai selama 72 jam , simpan ditempat yg tidak panas sekali
kira-kira 27 -32* C atau di dalam dos, jauhkan semut, kecoa, dll.


Foto penimbangan gula

Foto peragian dengan fermipan

Foto dua jam setelah mulai memasukan ragi, balon mulai melembung (setelah botol di kocok)



Bonus foto kincir angin 50 watt

Selamat mencoba ya kawan-kawan...............